Mengubah Perusahaan Keluarga Menjadi Bisnis Berkelanjutan

Untuk memperlancar jalannya usaha dan menghindari adanya perselisihan antar anggota keluarga. Sebaiknya ciptakan komunikasi yang efektif agar hubungan kerja maupun ikatan persaudaraan Anda semakin hari semakin kuat dan kompak. Ketika komunikasi antar anggota keluarga berjalan lancar, maka segala permasalahan usaha bisa diselesaikan secara bersama-sama dan perkembangan bisnisnya semakin kokoh di tengah persaingan pasar. Jika ternyata selama ini bisnis tersebut belum berjalan maksimal, maka Anda akan memiliki tanggung jawab untuk membangunnya menjadi sukses.

Cara berbisnis dengan keluarga

Mungkin ketika kamu sudah mulai dewasa serta sudah pantas menggantikan, mereka akan memilih kamu untuk melanjutkan. Menghadapi period digitalisasi dan kemajuan peradaban seperti sekarang mungkin orang tua atau kakek nenekmu mulai beranggapan harus ada generasi yang lebih muda untuk melanjutkan bisnis yang lebih dinamis lagi. Nggak perlu ragu ketika akan mengemban tugas sebagai penerus generasi biar saja orang lain berkata kamu adalah anak manja yang hanya bisa melanjutkan bisnis keluarga. Pelajaran yang bisa kamu petik adalah orang tua dan kamu memiliki passion yang sama terhadap bisnis. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menjalankan amanah tersebut secara maksimal. Menerapkan manajemen keuangan yang tepat juga wajib dilakukan dalam mengelola bisnis keluarga.

Namun, saat menemukan bahwa hal itu justru mengakibatkan kemunduran dan konflik, khususnya dalam segi gaji atau bagi hasil, dia membuat dan menerapkan sistem gaji dalam bisnisnya itu – tanpa terkecuali. Lupakan saja bahwa kita perlu memiliki keseimbangan antara berbisnis dan berkeluarga. Lupakan saja bahwa dengan memiliki kehidupan di luar bisnis, justru membuat kita lebih sadar akan keadaan pasar dari sudut pandang orang luar. Atau bahwa dengan keseimbangan itu, kita jadi diingatkan akan tujuan kita berbisnis – termasuk tujuan kerabat itu dalam bekerja bersama kita. Dua lainnya bekerja dengan orang lain atau berbisnis sendiri, baik karena latar belakang keahlian yang berbeda, maupun karena gaya bekerja yang tidak memenuhi standar. Bisnisnya saat ini berkembang pesat dan putra yang membantunya menjadi salah seorang pemimpin yang ‘earning his respect’ melalui kinerjanya.

Ketika merintis bisnis, sudah seharusnya associate yang dipilih memiliki kompetensi yang mumpuni. Dengan demikian, pembagian tugas akan berjalan sesuai rencana ketika masing-masing orang punya kompetensi yang berbeda-beda. Perusahaan dapat memiliki keuntungan yang tinggi atau berhasil terjadi karena kerja sama dan keharmonisan setiap para anggota perusahaan. Jadi, ketika perusahaan berjaya, itu semua adalah keberhasilan setiap orang sehingga tidak ada rasa pongah. Di sisi kepemilikannya, Bisnis keluarga terbagi menjadi dua yakni household managed corporations dan family owned firm. Family managed companies, keluarga akan mempertahankan saham mayoritas dan pengelolaannya jauh lebih rumit karena faktor emotion yang lebih tinggi.

Untuk semua orang dari berbagai kalangan pekerjaan dirasa menyetujui pernyataan tersebut. Keterampilan dan keahlian bekerja sama dapat memungkinkan branding media sosial dan pertumbuhan perusahaan untuk lebih fokus pada setiap aspek yang membuat merek pribadi menjadi elite. Usaha keluarga, seperti wirausaha lainnya, juga memiliki risiko, baik yang datangnya dari dalam seperti konflik keluarga ataupun yang datangnya dari luar seperti penipuan, pencurian, atau kerugian. Hal tersebut dapat mengganggu kelangsungan usaha bahkan dapat menghancurkan usaha. Karena itu, dia menegaskan bila dalam berbisnis yang melibatkan keluarga, kuncinya adalah dengan memiliki kebesaran hati.

Lalu, bagaimana perusahaan meraih visi dan misi sebagai sustainable glorious company? Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda menelusuri situs kami, untuk merekomendasikan produk yang sesuai, dan untuk menampilkan iklan yang relevan. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait cookie, silahkan merujuk pada kebijakan privasi kami. Informasi yang Pengguna berikan kepada Sisternet, contohnya, nama, alamat e-mail, nomor telepon, alamat rumah, akun media sosial atau alat pembayaran, akan tersimpan dengan baik pada foundation information Sisternet. Jika Pengguna ingin mendapatkan manfaat lebih, Pengguna dapat menggunakan fitur yang ditawarkan Sisternet semaksimal mungkin untuk meningkatkan profil Pengguna di hadapan publik.