Mau Patungan Usaha Sama Teman? Baca Dulu 7 Tips Ini

Feedback berupa masukkan apakah produk yang akan mereka luncurkan itu akan bagus di pasaran. Selain itu, apakah ada dampak lain yang menimbulkan kebimbangan di masyarakat. Oleh karena itu, sebagai teman, Anda harus memberikan ulasan-ulasan tersebut agar teman Anda menjadi lebih semangat dalam memperbesar bisnisnya.

Karena meski skalanya terbilang kecil yaitu dari rumah, namun jika usahamu ternyata berhasil melebihi ekspektasi, bisa jadi kamu berpikir untuk membesarkannya, kan? “Kamu tidak akan bisa menjadi pengusaha sukses jika hanya bekerja sendiri di dalam bisnis”. “Wirausahawan sejati menghasilkan uang dari modal orang lain, sedangkan wirausahawan biasa mendapatkan uang dari modal sendiri”.

Cara berbisnis dengan teman

Juga di sisi lain, mendatangkan bahaya pada usaha sendiri bila sering mengiyakan keinginan teman. Terbayang bagaimana belum berkembang sepenuhnya, sudah ditinggal pelanggan dari orang-orang terdekat. Konsultan keuangan dan bisnis usaha kecil dan menengah Fauziah Arsiyanti mengatakan bahwa hal tersebut benar sekali. Kedua belah pihak harus memiliki kinerja tingkat tinggi untuk memberikan peluang terbaik bagi bisnis untuk berkembang. Lingkungan terlalu kompetitif untuk membuat usaha yang berkinerja buruk tetap bertahan. Agar bisnis berjalan baik, kedua mitra harus menunjukkan kinerja terbaik.

Dengan begitu informasi terkait pembagian profit, serta tugas dan jabatan masing-masing tertuang dengan jelas agar kedepannya tidak saling menyalahkan jika ada hal-hal buruk yang tak terduga. Salah satu trik agar bisnis berumur panjang adalah mengajak keluarga, sahabat, atau rekan kerja yang seminat. Berkonsultasilah dengan kenalan yang lebih berpengalaman, terutama konsultan keuangan. Jika takut mahal, bisa tanya keluarga atau teman yang sudah pernah terjun duluan dalam membuka bisnis sendiri. Usaha modal kecil untung besar selanjutnya adalah pelayanan jasa bisnis yang berasal dari keahlian tertentu.

Satu persatu permasalahan akan muncul seiring berjalannya waktu. Bahkan bukan hanya mengancam bisnis yang sedang kamu jalani, tapi juga bisa membahayakan hubungan pertemanan yang justru bisa berakhir sebagai musuh. Kelebihan merintis usaha modal kecil untung besar yang satu ini adalah fleksibilitas, baik dari segi waktu maupun tempat.

Cara promosi usaha modal kecil untung besar ini pun terbilang cukup mudah, Sahabat bisa memanfaatkan teknologi digital melalui dunia maya yang jangkauannya lebih luas. Anda mungkin berteman baik dengan orang tersebut, namun pertimbangkanlah apakah teman anda cocok untuk dijadikan rekan bisnis. Jangan karena dia adalah teman terdekat anda, anda memutuskan untuk berbisnis dengannya. Setidaknya teman ada harus memiliki motivasi untuk berbisnis dan juga keahlian.

Segala sesuatu memang mengasyikkan ketika dilakukan bersama teman bahkan termasuk usaha dan bisnis bareng atau joinan. Mendukung usaha teman memang perlu, namun bukan berarti Anda harus menyiksa diri sendiri dengan selalu membeli. Beli saat memang membutuhkan, sebagai pelanggan yang pertama, atau ingin memberi hadiah pada orang lain.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa berbisnis itu memerlukan pinjaman modal yang besar. Meskipun kalian berdua adalah sahabat, tapi dalam ranah bisnis kalian harus menjaga profesionalitas. Jangan segan untuk menegur teman Anda jika ia berbuat kesalahan. Setuju deh sama Mbak Rey kalau teman terdekat di luar hal bisnis itu juga penting dan malah lebih penting. Soalnya kalau teman kita di bidang bisnis itu kan ngomongnya soal bisnis melulu dan itu bikin bosan. Justru teman di luar bisnis itu yang sudah kita kenal dari dulu adalah teman terbaik kita.

Dalam menjalankan bisnis apapun, harus mempunyai rencana strategis termasuk dalam bidang pemasarannya agar mendapatkan hasil yang maksimal atau seperti yang diinginkan. Banyak usaha yang gagal karena pemilik bisnis tidak mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk produknya. Jika Anda memulai atau menjalankan bisnis sendiri, Anda masih dapat melakukan analisis SWOT. Ambil sudut pandang tambahan dari teman yang tahu sedikit tentang bisnis Anda, akuntan Anda, atau bahkan vendor dan pelanggan. Saat mencari peluang bisnis, Anda dituntut harus melakukan penawaran jasa maupun produk yang bisa memenuhi serta menjawab setiap kebutuhan orang lain.