Ingin Patungan Usaha Bareng Teman? Perhatikan Dulu 7 Hal Berikut Ini!

Sebab, Sahabat bisa menjalankannya kapan pun dan di manapun, tanpa harus ada tempat khusus. Biasanya, para penyedia jasa memaksimalkan promosi secara online yang bisa dimulai dari media sosial pribadi dan web site atau platform khusus pelayanan jasa. Oleh karena itu, semakin puas testimoni pengguna jasa, maka semakin optimum juga promosi yang bisa Sahabat lakukan.

Salah satu yang terpenting dari semuanya yaitu pandailah kamu dalam mengelola keuangan dan membuat pembukuan. Karena, keuangan ini harus dibagi menjadi dua, yaitu modal dan keuntungan. Sisanya, jika kamu sudah mulai punya orang yang membantumu, maka harus kamu bagi lagi menjadi tiga yaitu modal, keuntungan, dan gaji karyawan.

Cara berbisnis dengan teman

Komunikasi juga penting untuk terus menghubungkan kita dan sahabat sebagai rekan bisnis. Selain itu, mencari orang yang kita kenal pribadinya dengan baik dan memiliki kreativitas serta ketekunan juga akan berdampak bagus bagi bisnis kita dan mereka. Kalau kita punya lebih dari satu sahabat atau lingkup pertemanan, tentukan orang yang kira-kira dapat bekerjasama dengan kita secara profesional. Bila salah satu dari Anda menjadi atasan, maka harus saling mematuhi kebijakan yang diambil.

Pemilik Starbucks, Howard Schultz, berani mempertaruhkan tenaga dan waktunya untuk menciptakan sebuah kopi yang berbeda dari biasanya. Oleh karena itu, Anda harus membayar mahal sekitar ribu rupiah hanya untuk segelas kopi. Anda perlu melakukan evaluasi terkait kinerja serta keuangan bisnis anda dengan kawan anda untuk mengetahui bila ada yang harus diperbaiki.

Selain itu, Anda dan teman pun sudah saling tahu kelemahan dan kelebihan satu sama lain, serta bakat yang bisa saling melengkapi satu sama lain dalam menjalankan bisnis. Kendala dalam memulai bisnis kecil-kecilan salah satunya adalah susahnya memasarkan barang yang hendak dijual karena bingung hendak memulainya dari mana. Sebagai temen yang baik, kamu bisa kok menawarkan bantuan kepada mereka untuk turut serta mempromosikan bisnisnya.

Dampak dari COVID-19 bukan hanya membahayakan kesehatan, terbukti ekonomi juga melemah dan membuat kita memutar otak untuk bisa tetap mendapatkan cuan biar dapur juga aman. Ternyata bisnis yang dibangun saat ini tidak melulu harus memiliki toko atau gerai. Profit di atas kertas tidak selalu sesuai dengan fakta di lapangan. Oleh karena itu, gunakan logika Anda dalam menghitung revenue saat akan memulai bisnis.

Hal ini, bermanfaat selain membuat bisnis kamu bisa berjalan sesuai rencana, juga menjaga investasi kamu agar tidak terus turun dan kemudian kamu merugi. Networkingdapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memilikinetworkingyang luas. Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business plan proposal adalah sebuah kebutuhan.

Memang menyenangkan jika bisa memulai bisnis bersama teman, apalagi teman yang sudah dikenal dekat. Namun demikian, membangun wirausaha dengan rekan bisnis tidak semudah apa yang dipikirkan. Selain itu, sebuah usaha mustahil berkembang pesat tanpa suntikan modal usaha memadai. Hal ini perlu dilakukan secepat mungkin demi melihat apakah Anda dan sahabat adalah pasangan yang tepat untuk membuka usaha berdua.

Jika ternyata Anda berdua tidak sepaham, masih belum terlambat untuk membatalkan. Jangan sampai persahabatan rusak gara-gara usaha yang tidak jalan sesuai rencana. Sebelum memulai berbisnis dengan keluarga atau teman, pastikan anda sudah mempersiapkan jobdesc yang jelas. Duduk bersama dan mendiskusikan tugas masing-masing sesuai dengan ability dan pengalaman yang dimiliki.