Bisnis Skincare Bareng Teman, Kini Ashanty Digugat 14 Miliar!

Namun kebanyakan hal ini terus terjadi, ada banyak orang yang mudah tergoda dengan harta dan uang daripada persahabatannya sendiri yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Terkadang, hubungan pertemanan cenderung lebih kuat daripada hubungan saudara. Berteman juga terkadang membuat kita enggan untuk menetapkan batasan dan aturan. Karena seorang yang tidak kita kenal sekalipun tidak bisa dipastikan akan mudah untuk diajak menjalani bisnis bersama.

Cara berbisnis dengan teman

Kamu juga bisa bertanya ke orang-orang di sekitarmu tentang kriteriapartneryang kamu inginkan dan rekomendasi mereka. Nah, kalau kamu sudah dipertemukan denganpartnerpotensial, kamu perlu mengenal mereka lebih dalam sebelum menawarkanpartnership. Coba wawancara atau bekerja dengan mereka sebelum memulai; pertimbangkan kemampuan dan etika kerja mereka.

Ingatlah dunia bisnis tidak mengenal teman, jika anda bermaksud mengajaknya berbisnis maka dia adalah rekan bisnis bukan teman anda. Tujuan berbisnis berbeda dengan tujuan dari suatu pertemanan. Dalam bisnis meningkatkan profitabilitas adalah sorotan utama. Sehingga ada baiknya anda memposisikan teman anda sebagai rekan berbisnis bukan teman.

Apabila keuangan tercatat dengan tepat, Anda dapat tahu kondisi riil perusahaan. Selain itu, Anda juga berkesempatan memperoleh harga terbaik. Sebab tiap penyuplai tentu saling bersaing dalam memberikan harga. Jika di supplier A bahan bakunya habis, Anda dapat mencarinya di supplier lainnya.

Pastikan lokasi usaha sudah dilengkapi dengan fasilitas dasar. Pastikan tempat yang Anda pilih sebagai tempat berusaha tak butuh terlalu banyak renovasi. Minimal, pastikan ia sudah punya rest room, sistem pembuangan air yang beres, dan ventilasi yang baik. Entah itu untuk bahan-bahan membuat produk, harga kemasan, hingga desain untuk mendekor kemasan itu sendiri. Saya adalah seorang konsultan,coach, dan tenaga pendidik di bidang akuntansi.

Ada banyak media-media sosial yang dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan produk-produk bisnis Anda. Dengan terjun ke dalam dunia digital, maka bisnis Anda pun berpeluang lebih cepat tumbuh dan berkembang. Mengingat bulan ramadan hanya berlangsung selama satu bulan, kemungkinan bisnis yang kamu lakukan tidak berjalan lama. Berbagai produk yang bernuansa ramadan akan sepi peminat sejalan dengan berakhirnya bulan ramadan itu sendiri. Oleh karena itu, kamu harus bisa melihat celah bisnis di setiap kesempatan. Bisnis rumahan membuat kamu dapat bekerja sesuai dengan keinginan.

Selayak kita hendak berjalan jauh, kita harus mengenali jalan yang kita tempuh. Begitu pula untuk memulai usaha, kita pun membutuhkan persiapan yang matang untuk memulainya. Membangun usaha dengan sahabat bukan berarti kamu harus mengerjakan segala sesuatu berbarengan.